Senin, 08 Oktober 2012

RPP IPA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       : SD Negeri 5 Bumirejo
Mata pelajaran             : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester          : V ( Lima ) / II
Waktu                         : 2 x 35 menit (1x pertemuan)

A.  STANDAR KOMPETENSI
Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model

B.   KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya

C.   INDIKATOR
-   Menyebutkan sifat-sifat cahaya
-   Mendemontrasikan percobaan yang menyelidiki sifat-sifat cahaya merambat lurus
-   Mendemontrasikan sifat-sifat cahaya dapat menembus benda bening
-   Mendemonstrasikan sifat cahaya dapat dipantulkan
-   Mendemonstrasikan sifat cahaya dapat dibiaskan
-   Mengidentifikasi sumber-sumber cahaya

D.   TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Siswa dibantu oleh guru dapat membuktikan cahaya dapat merambat lurus dengan benar.
2.      Siswa dibantu oleh guru dapat membuktikan cahaya dapat menembus benda bening dengan benar.
3.      Siswa dibantu oleh guru dapat membuktikan cahaya dapat dipantulkan dengan benar.
4.       Siswa dibantu oleh guru dapat membuktikan cahaya dapat dibiaskan dengan benar.
5.      Siswa bersama guru dapat menemukan dan menyimpulkan sifat-sifat cahaya yang telah dibuktikan sebelumnya dengan benar.
6.      Siswa dapat menyebutkan manfaat cahaya dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

E.  MATERI PEMBELAJARAN
Benda-benda yang ada di sekitar kita dapat kita lihat apabila ada cahaya yang mengenai benda tersebut. Cahaya yang mengenai benda akan dipantulkan oleh benda ke mata sehingga benda tersebut dapat terlihat. Cahaya berasal dari sumber cahaya. Semua benda yang dapat memancarkan cahaya disebut sumber cahaya. Contoh sumber cahaya adalah matahari, lampu, senter, dan bintang. Cahaya memiliki sifat merambat lurus, menembus benda bening, dan dapat dipantulkan.
Sifat – sifat cahaya
v   Cahaya merambat lurus
v   Cahaya dapat menembus benda bening
v   Cahaya dapat dipantulkan
v   Cahaya dapat dibiaskan
Percobaan 1 :
Tujuan : Membuktikan cahaya dapat merambat lurus
Alat dan Bahan :
-   Senter
-   Kertas hitam dibagi menjadi 3 A, B, dan C.
-    Spidol
Sifat cahaya merambat lurus dapat dimanfaatkan manusia dalam kehidupan sehari hari misal
o   lampu senter
o   lampu kendaraan bermotor
o   lampu bioskop, dll
Percobaan 2 :
Tujuan : Membuktikan cahaya dapat menembus benda bening
Alat dan Bahan :
-   Kaca Bening
-   Papan hitam
v  Benda – benda yang  dapat ditembus oleh cahaya
  Contoh : - kaca
               - plastik bening
               - air yang jernih
v  Benda – benda tidak tembus cahaya
- kayu
- buku
- pohon
- manusia
Percobaan 3 :
Tujuan : Membuktikan cahaya dapat dipantulkan.
Alat dan Bahan :
-   Cermin datar
-   Senter
-   Kertas hitam
Percobaan 4:
Tujuan : Membuktikan cahaya dapat dibiaskan
Alat dan Bahan :
-   Gelas
-   Pensil
-   Air
Contoh peristiwa pembiasan
a. Ikan di kolam yang airnya jernih akan kelihatan lebih besar dari aslinya
b. Dasar kolam kelihatan lebih dangkal
c. Jalan beraspal pada siang hari yang panas kelihatan seperti air ( fatamorgana )
Sumber-sumber cahaya
1.      Matahari
2.      Bintang
3.      Lilin  menyala  
4.      Senter  
5.      Lampu  

F. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1. Metode              : Tanya jawab, diskusi, demonstrasi, penugasan
2. Pendekatan       : Lingkungan

G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

s  Pertemuan 1
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
1.  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang kompetensi dasar yang akan dicapai serta kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapainya
2.  Tanya jawab tentang materi yang telah lalu


5’


5’

Ceramah


Tanya jawab
2.
Kegiatan Inti :
a. Eksplorasi
    - Siswa menyiapkan  lilin dan karton yang sudah 
      dilubangi setinggi lilin dengan paku kecil
      dan meletakkan karton secara berurutan,
    - Dengan kelompok, siswa mengamati cahaya lilin
      dari balik karton



5’


10’


Penugasan


Demonstrasi


b.      Elaborasi :
- Dalam kelompok siswa mendiskusikan hasil pengamatan cahaya lilin dari balik karton A, B, C yang diletakkan pada satu garis lurus

15

Diskusi

c.      Konfirmasi :
-   Siswa bersama guru bertanya jawab tentang sifat cahaya merambat lurus
-   Siswa memperhatikan penjelasan tambahan dari guru tentang manfaat dari sifat cahaya yang merambat lurus   

5’

15

Tanya jawab

Ceramah
3.
Kegiatan Penutup :
-   Tes formatif tentang sifat cahaya merambat lurus                                                                        
-   Pemberian PR


5’

5’

Penugasan

s  Pertemuan 2
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan :
1.  Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang materi yang telah dipelajari sebelumnya

5’

Tanya jawab
2.
a. Eksplorasi :
-  Dalam kelompok siswa menyiapkan senter dan benda-benda yang akan digunakan untuk membuktikan cahaya dapat menembus benda bening
-  Dalam kelompok siswa menyinari setiap benda dengan lampu senter


10’



10’

Diskusi



Diskusi

b. Elaborasi :
-  Secara individual siswa menuliskan hasil pengamatan terhadap setiap benda setelah disinari senter
-  Siswa mengelompokkan benda-benda hasil pengamatan dalam tabel, kemudian memajangkannya


5’


5’

Penugasan


Penugasan

d.     Konfirmasi :
Siswa bersama guru membahas hasil diskusi
Bersama siswa, guru mengkonfirmasikan diskusi siswa  yang benar dan menunjukkan tabel, siswa memperbaiki pekerjaannya dan membuat rangkuman


10’

5’

Ceramah, Pengasan, Tanyajawab


3.
Penutp :
Bersama siswa, guru membuat kesimpulan pelajaran
Ulangan formatif
Pemberian tugas


5’

10’
5’

Ceramah

Penugasan
Penugasan

¨      Pertemuan 3
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan :
1.    Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang materi yang telah dipelajari sebelumnya


5’

Tanya jawab
2.
Kegiatan Inti :
b.    Eksplorasi
Dalam kelompok siswa menyiapkan gelas berisi air jernih dan sedotan
Secara individu siswa mengamati sedotan dalam gelas


15’

5’


Diskusi

Pengamatan


b.    Elaborasi
Dalam kelompok siswa mempresentasikan hasil pengamatan
Siswa menggambar skema pembiasan  cahaya pada sedotan

20

5’

Presentasi

Penugasan

c.    Konfirmasi :
Bersama siswa guru mengkonfirmasikan pekerjaan, kelompok yang telah benar memajangkan hasil dipapan pajangan

5’

Ceramah
3.
Penutup :
Bersama siswa, guru menyimpulkan pelajaran
Ulangan formatif
Pemberian tugas rumah

5’
5’
5’

Tanya jawab
Penugasan
Penugasan

H. SUMBER BELAJAR
  1. Lingkungan Sekitar
  2. Macam-macam benda
  3. Buku IPA kelas 5 : Erlangga dan buku IPA kelas 5 : BSE
I. PENILAIAN
            Tes Formatif 1
            1. Sebutkan benda-benda yang tembus oleh cahaya
            2. Sebutkan benda yang tidak tembus oleh cahaya

            Tes Formatif  2
            1. Gambarkan pemantulan teratur !
            2. Gambarkan pemantulan baur ( difus )

            Tes formatif 3
            1. Sebutkan 3 contoh peristiwa pembiasan
            2. Sebutkan 4 sumber cahaya

Mengetahui
Kepala SD Negeri 3 Waluyo



Muntiamah, S.Pd.
NIP 19660427 1980608 2 001
Waluyo,......................
Guru Kelas V



Rachman Yasin, A.Ma.
NIP 19700215 200801 1 015


Tidak ada komentar:

Posting Komentar