RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
SD Negeri 5 Bumirejo
Mata pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester :
V ( Lima ) / II
Waktu :
2 x 35 menit (1x pertemuan)
A.
STANDAR KOMPETENSI
Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu
karya/model
B. KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
C. INDIKATOR
-
Menyebutkan sifat-sifat cahaya
-
Mendemontrasikan percobaan yang
menyelidiki sifat-sifat cahaya merambat lurus
-
Mendemontrasikan sifat-sifat
cahaya dapat menembus benda bening
-
Mendemonstrasikan sifat cahaya
dapat dipantulkan
-
Mendemonstrasikan sifat cahaya
dapat dibiaskan
-
Mengidentifikasi sumber-sumber
cahaya
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Siswa dibantu oleh guru dapat
membuktikan cahaya dapat merambat lurus dengan benar.
2.
Siswa dibantu oleh guru dapat
membuktikan cahaya dapat menembus benda bening dengan benar.
3.
Siswa dibantu oleh guru dapat
membuktikan cahaya dapat dipantulkan dengan benar.
4.
Siswa dibantu oleh guru dapat membuktikan
cahaya dapat dibiaskan dengan benar.
5.
Siswa bersama guru dapat
menemukan dan menyimpulkan sifat-sifat cahaya yang telah dibuktikan sebelumnya
dengan benar.
6.
Siswa dapat menyebutkan manfaat
cahaya dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
E. MATERI PEMBELAJARAN
Benda-benda yang ada di
sekitar kita dapat kita lihat apabila ada cahaya yang mengenai benda tersebut.
Cahaya yang mengenai benda akan dipantulkan oleh benda ke mata sehingga benda
tersebut dapat terlihat. Cahaya berasal dari sumber cahaya. Semua benda yang
dapat memancarkan cahaya disebut sumber cahaya. Contoh sumber cahaya adalah
matahari, lampu, senter, dan bintang. Cahaya memiliki sifat merambat lurus,
menembus benda bening, dan dapat dipantulkan.
Sifat – sifat cahaya
v Cahaya merambat lurus
v Cahaya dapat menembus benda bening
v Cahaya dapat dipantulkan
v Cahaya dapat dibiaskan
Percobaan 1 :
Tujuan : Membuktikan cahaya dapat merambat lurus
Alat dan Bahan :
-
Senter
-
Kertas hitam dibagi menjadi 3
A, B, dan C.
-
Spidol
Sifat cahaya merambat lurus dapat dimanfaatkan manusia dalam kehidupan
sehari hari misal
o
lampu senter
o
lampu kendaraan bermotor
o
lampu bioskop, dll
Percobaan 2 :
Tujuan : Membuktikan cahaya dapat menembus benda bening
Alat dan Bahan :
-
Kaca Bening
-
Papan hitam
v Benda – benda yang dapat
ditembus oleh cahaya
Contoh : - kaca
- plastik bening
- air yang jernih
v Benda – benda tidak tembus cahaya
- kayu
- buku
- pohon
- manusia
Percobaan 3 :
Tujuan : Membuktikan cahaya dapat dipantulkan.
Alat dan Bahan :
-
Cermin datar
-
Senter
-
Kertas hitam
Percobaan
4:
Tujuan : Membuktikan cahaya dapat
dibiaskan
Alat dan Bahan :
-
Gelas
-
Pensil
-
Air
Contoh peristiwa pembiasan
a. Ikan di kolam yang airnya jernih
akan kelihatan lebih besar dari aslinya
b. Dasar kolam kelihatan lebih dangkal
c. Jalan beraspal pada siang hari yang panas
kelihatan seperti air ( fatamorgana )
Sumber-sumber cahaya
1.
Matahari
2.
Bintang
3.
Lilin menyala
4.
Senter
5.
Lampu
F. METODE DAN
MODEL PEMBELAJARAN
1. Metode : Tanya
jawab, diskusi, demonstrasi, penugasan
2. Pendekatan :
Lingkungan
G. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
s Pertemuan 1
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
1.
Siswa memperhatikan
penjelasan guru tentang kompetensi dasar yang akan dicapai serta kegiatan
yang akan dilaksanakan untuk mencapainya
2.
Tanya jawab tentang materi
yang telah lalu
|
5’
5’
|
Ceramah
Tanya jawab
|
2.
|
Kegiatan Inti :
a. Eksplorasi
- Siswa menyiapkan lilin dan karton yang sudah
dilubangi setinggi lilin dengan paku
kecil
dan meletakkan karton secara berurutan,
- Dengan kelompok, siswa mengamati cahaya
lilin
dari balik karton
|
5’
10’
|
Penugasan
Demonstrasi
|
b.
Elaborasi :
- Dalam kelompok siswa mendiskusikan hasil pengamatan cahaya lilin
dari balik karton A, B, C yang diletakkan pada satu garis lurus
|
15
|
Diskusi
|
|
c.
Konfirmasi :
-
Siswa bersama guru bertanya
jawab tentang sifat cahaya merambat lurus
-
Siswa memperhatikan
penjelasan tambahan dari guru tentang manfaat dari sifat cahaya yang merambat
lurus
|
5’
15
|
Tanya jawab
Ceramah
|
|
3.
|
Kegiatan Penutup
:
-
Tes formatif tentang sifat
cahaya merambat lurus
-
Pemberian PR
|
5’
5’
|
Penugasan
|
s Pertemuan 2
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan :
1.
Guru mengadakan tanya jawab
dengan siswa tentang materi yang telah dipelajari sebelumnya
|
5’
|
Tanya jawab
|
2.
|
a. Eksplorasi :
- Dalam kelompok siswa menyiapkan senter dan benda-benda yang akan
digunakan untuk membuktikan cahaya dapat menembus benda bening
- Dalam kelompok siswa menyinari setiap benda dengan lampu senter
|
10’
10’
|
Diskusi
Diskusi
|
b. Elaborasi :
- Secara individual siswa menuliskan hasil pengamatan terhadap
setiap benda setelah disinari senter
- Siswa mengelompokkan benda-benda hasil pengamatan dalam tabel,
kemudian memajangkannya
|
5’
5’
|
Penugasan
Penugasan
|
|
d.
Konfirmasi :
─ Siswa bersama guru membahas hasil diskusi
─ Bersama siswa, guru mengkonfirmasikan diskusi siswa yang benar dan menunjukkan tabel, siswa
memperbaiki pekerjaannya dan membuat rangkuman
|
10’
5’
|
Ceramah,
Pengasan, Tanyajawab
|
|
3.
|
Penutp :
─ Bersama siswa, guru membuat kesimpulan pelajaran
─ Ulangan formatif
─ Pemberian tugas
|
5’
10’
5’
|
Ceramah
Penugasan
Penugasan
|
¨
Pertemuan 3
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan :
1.
Guru mengadakan tanya jawab
dengan siswa tentang materi yang telah dipelajari sebelumnya
|
5’
|
Tanya jawab
|
2.
|
Kegiatan Inti :
b.
Eksplorasi
─ Dalam kelompok siswa menyiapkan gelas berisi air jernih dan
sedotan
─ Secara individu siswa mengamati sedotan dalam gelas
|
15’
5’
|
Diskusi
Pengamatan
|
b.
Elaborasi
─ Dalam kelompok siswa mempresentasikan hasil pengamatan
─ Siswa menggambar skema pembiasan
cahaya pada sedotan
|
20
5’
|
Presentasi
Penugasan
|
|
c.
Konfirmasi :
─ Bersama siswa guru mengkonfirmasikan pekerjaan, kelompok yang
telah benar memajangkan hasil dipapan pajangan
|
5’
|
Ceramah
|
|
3.
|
Penutup :
─ Bersama siswa, guru menyimpulkan pelajaran
─ Ulangan formatif
─ Pemberian tugas rumah
|
5’
5’
5’
|
Tanya jawab
Penugasan
Penugasan
|
H. SUMBER BELAJAR
- Lingkungan Sekitar
- Macam-macam benda
- Buku IPA kelas 5 : Erlangga dan buku IPA kelas 5 : BSE
I. PENILAIAN
Tes Formatif 1
1. Sebutkan benda-benda yang tembus
oleh cahaya
2. Sebutkan benda yang tidak tembus
oleh cahaya
Tes Formatif 2
1. Gambarkan pemantulan teratur !
2. Gambarkan pemantulan baur ( difus
)
Tes formatif 3
1. Sebutkan 3 contoh peristiwa
pembiasan
2. Sebutkan 4 sumber cahaya
Mengetahui
Kepala SD Negeri 3 Waluyo
Muntiamah,
S.Pd.
NIP 19660427 1980608 2 001
|
Waluyo,......................
Guru Kelas V
Rachman
Yasin, A.Ma.
NIP 19700215 200801 1 015
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar